SCG |
Tentu, mari kita bahas Scuderia Cameron Glickenhaus (SCG), pabrikan hypercar asal Amerika Serikat yang dikenal karena pendekatannya yang unik dalam menciptakan mobil balap yang legal di jalan raya, dengan fokus pada performa di lintasan.
Scuderia Cameron Glickenhaus (SCG): Dari Lintasan Balap ke Jalan Raya dengan DNA Murni Motorsport
Scuderia Cameron Glickenhaus (SCG), atau sering disebut Glickenhaus saja, adalah perusahaan otomotif Amerika yang didirikan pada tahun 2004 oleh James Glickenhaus, seorang kolektor mobil dan pembuat film. SCG didedikasikan untuk mengembangkan dan memproduksi mobil berperforma tinggi yang lahir dari ajang balap, dengan tujuan utama untuk menaklukkan sirkuit-sirkuit paling menantang di dunia, seperti Nürburgring 24 Jam dan 24 Hours of Le Mans, dan kemudian menawarkan versi legal jalan raya kepada publik.
Filosofi inti SCG adalah "race car for the road" (mobil balap untuk jalan raya). Ini berarti setiap desain dan rekayasa dimulai dengan mempertimbangkan performa di lintasan, dengan penyesuaian minimal untuk memenuhi peraturan jalan raya. Hal ini menghasilkan mobil yang sangat fokus, ringan, dan dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang murni dan tanpa kompromi.
Kehadiran di Indonesia
SCG adalah produsen hypercar dengan volume produksi yang sangat rendah, dan mereka tidak memiliki dealer resmi atau Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Jika ada unit SCG di Indonesia, kemungkinan besar itu adalah hasil impor pribadi oleh kolektor melalui jalur importir umum, menjadikannya mobil yang sangat langka dan eksklusif di Tanah Air.
Filosofi Desain dan Rekayasa
Desain SCG sangat didikte oleh kebutuhan aerodinamika balap. Mobil-mobil mereka memiliki tampilan yang agresif dan fungsional, dengan banyak elemen aerodinamika terbuka seperti sayap besar, diffuser yang menonjol, dan ventilasi udara yang ekstensif. Estetika mereka sangat motorsport-inspired, bahkan pada versi jalan raya.
Secara rekayasa, SCG menggunakan material paling canggih, terutama serat karbon monocoque untuk sasis utama, untuk memastikan bobot seringan mungkin dan kekakuan struktural yang maksimal. Mereka merancang kendaraan dengan modularitas, memungkinkan bagian-bagian balap ditukar dengan cepat untuk versi jalan raya. Mesin yang digunakan seringkali bersumber dari produsen terkemuka (seperti BMW atau Honda untuk versi balap awal), namun disetel secara khusus oleh SCG untuk performa optimal.
Performa Ekstrem yang Berfokus pada Lintasan
SCG berulang kali membuktikan kemampuan mobilnya di sirkuit-sirkuit balap yang paling berat. Mereka telah memecahkan rekor putaran di Nürburgring dan berkompetisi di balapan ketahanan bergengsi. Performa mobil-mobil mereka adalah inti dari merek ini: akselerasi brutal, downforce yang luar biasa, dan handling yang tajam pada batas. Ini adalah mobil yang dibangun untuk pengemudi yang menghargai kemampuan sirkuit di atas segalanya.
Contoh Model, Spesifikasi, dan Harga (Estimasi)
SCG memiliki beberapa model ikonik yang telah mereka produksi atau rencanakan untuk produksi terbatas:
1. SCG 003 (S/C/CS) SCG 003 adalah model pertama yang sangat menonjol, dengan berbagai varian:
003C (Competizione): Versi balap murni, dengan mesin V6 twin-turbocharged Honda.
-
003S (Stradale): Versi legal jalan raya, dengan mesin V8 4.4 liter twin-turbocharged BMW yang disetel untuk sekitar 750 hp.
-
003CS (Competizione Stradale): Versi tengah antara balap dan jalan raya, lebih fokus pada trek namun masih legal di jalan.
-
Segmen: Hypercar (fokus balap)
-
Mesin (003S): V8 4.4 Liter Twin-Turbocharged BMW S63
-
Tenaga (003S): Sekitar 750 hp (559 kW)
-
Torsi (003S): Sekitar 800 Nm
-
Transmisi (003S): 7-percepatan kopling ganda
-
Penggerak: Rear-Wheel Drive (RWD)
-
Bobot (003S): Sekitar 1.300 kg
-
Akselerasi 0-100 km/jam (003S): Di bawah 3 detik
-
Kecepatan Tertinggi (003S): Dinyatakan di atas 350 km/jam
-
Jumlah Produksi: Hanya 3 unit untuk versi 003S yang customer-spec, menjadikan sangat langka.
-
Harga Global (Estimasi, tanpa pajak dan biaya impor): SCG 003S memiliki harga sekitar $2.5 Juta USD (sekitar Rp 40 Miliar).
2. SCG 004S / 004CS (Supercar / Track-focused) SCG 004 adalah penerus 003, dengan penekanan pada desain 3 kursi (pengemudi di tengah) dan pilihan transmisi manual. Produksi untuk 004 dimulai di fasilitas Roush Performance di Detroit, Michigan.
- Segmen: Supercar / Track Car
- Mesin: V8 6.2 Liter Supercharged (mesin GM yang dimodifikasi)
- Tenaga: Sekitar 650 hp (004S), 750 hp (004CS)
- Transmisi: 6-percepatan manual dengan gated shifter (standar), juga tersedia otomatis.
- Penggerak: Rear-Wheel Drive (RWD)
- Fitur Unggulan: Desain 3 kursi (pengemudi di tengah), sasis dan bodi serat karbon, opsi track package.
- Jumlah Produksi: Direncanakan lebih banyak dari 003, dengan target puluhan hingga 100 unit per tahun.
- Harga Global (Estimasi, tanpa pajak dan biaya impor): Harga mulai dari sekitar $450.000 USD (sekitar Rp 7,3 Miliar).
Ketersediaan dan Harga di Indonesia (Juni 2025):
Karena SCG adalah produsen hypercar yang sangat spesialis dan volume produksinya sangat rendah, mereka tidak memiliki perwakilan resmi di Indonesia. Jika ada unit yang beredar di Indonesia, itu pasti melalui jalur importir umum atau koleksi pribadi yang sangat eksklusif.
Oleh karena itu, harga di Indonesia akan menjadi sangat fantastis, jauh di atas harga global, karena kombinasi:
- Kelangkaan Ekstrem: Unit yang sangat terbatas di seluruh dunia.
- Pajak Barang Mewah: Indonesia memiliki pajak barang mewah yang sangat tinggi.
- Bea Masuk: Persentase bea masuk yang besar.
- Biaya Pengiriman & Asuransi: Sangat mahal dan kompleks untuk hypercar sekelas ini.
- Margin Importir/Collector Premium: Profit yang diambil oleh pihak yang mengimpor mobil ini akan sangat signifikan.
Sebagai gambaran kasar:
- SCG 004S/CS: Bisa mencapai Rp 15 Miliar hingga Rp 25 Miliar.
- SCG 003S: Bisa mencapai Rp 60 Miliar hingga Rp 80 Miliar atau lebih.
- SCG 007S: Bisa mencapai Rp 90 Miliar hingga Rp 120 Miliar atau lebih.
Penting: Angka-angka ini adalah estimasi kasar per Juni 2025 dan dapat berubah drastis. Pembelian mobil SCG adalah proses yang sangat personal dan disesuaikan.
Sumber Informasi:
- Situs Web Resmi Scuderia Cameron Glickenhaus:
(Sumber utama dan paling akurat).https://www.glickenhausracing.com/ - Wikipedia Scuderia Cameron Glickenhaus: Untuk sejarah dan detail model.
- Situs Berita Otomotif Global & Motorsport: Seperti Carscoops, Motor Authority, Top Speed, dan media balap yang meliput partisipasi SCG di Le Mans dan Nürburgring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar